Kemenag Kota Cirebon Songsong Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2022

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

 Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) kembali digelar pada tahun ini. Sistem asesmen yang diterapkan sejak 2020 ini dapat dikatakan sebagai pengganti dari ujian nasional (UN). AKMI fokus menilai kompetensi dasar para siswa, yaitu literasi, numerasi, sains, dan sosial budaya.

Berkenaan dengan ini, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon rutin menggelas sosialisasi kepada madrasah-madrasah dalam rangka menyongsong AKMi. Sosialisasi dilaksanakan secara daring maupun luring, seperti misalnya pada momentum rapat koordinasi kepala madrasah se-Kota Cirebon di Hotel Jamrud (5/9). 

Kepada 33 kepala madrasah tersebut Jajang mengatakan agar madrasah mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyambut AKMI, sebab AKMI merupakan tolok ukur kualitas anak didik, sekaligus tolok ukur seberapa berhasil medrasah mentransfer ilmu kepada siswa. 

"AKMI adalah tolok ukur seberapa berhasil mita mentransfer ilmu kepada peserta didik kita. Oleh karena itu, persiapkan siswa sebaik-baiknya dalam menyongsong asesmen kompetensi ini, " ucapnya. 

Jajang menambahkan, bahwa sejumlah madrasah ditunjuk sebagai pilot project pada asesmen ini, yakni seluruh madrasah ibtidaiyah Kota Cirebon, MTsN 2 Kota Cirebon, dan MAN 2 Kota Cirebon.

Di tengah arus perubahan zaman yang serba digital ini, Jajang berharap para siswa pun dapat lebih mandiri dalam hal membaca, menulis dan memilah mana yang baik baginya. 

Kontributor :  Dea & H. Arif A.