Ikhtiar Tanggulangi Pandemi, ASN Kemenag Kota Cirebon Disuntik Vaksin

SHARE

Sebagai bentuk perlindungan sekaligus mempercepat target kekebalan tubuh atau yang sering disebut herd immunity, Seluruh ASN Kantor Kemenag Kota Cirebon mengikuti vaksin tahap satu. (24/3).

Bertempat di MAN 1 Kota Cirebon, program vaksinasi—bekerjasama dengan Puskesmas Sitopeng—dilaksanakan.  Waktu vaksinasi dibagi kedalam beberapa sesi demi menjaga agar tidak menimbulkan kerumunan.

Penerima vaksin harus melakukan pendaftaran dan mengambil nomor antrian terlebih dahulu, kemudian akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan tensi darah serta wawancara mengenai kesehatan. Apabila dinyatakan sehat dan layak, maka akan langsung dilaksanakan penyutikan vaksin.

Sayangnya, sebagian kecil pegawai belum lolos untuk mendapatkan vaksin dikarenakan alasan kesehatan seperti hipertensi, tetapi vaksin susulan bisa dilakukan sesegera mungkin setelah keadaan kesehatan membaik.

Untuk kelancaran vaksinasi, peserta penerima vaksin tetap diwajibkan untuk memakai masker, sarapan terlebih dahulu, membawa bekal air minum, serta hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Kegiatan ini adalah ikhtiar bersama untuk menanggulangi pandemi, sekaligus usaha untuk melindungi para pegawai agar senantiasa sehat dan terbebas dari paparan virus Covid-19” tutur Kakankemenag Kota Cirebon, Moh. Ahsan.

Meskipun sudah di vaksin, peserta tetap harus mematuhi 5 M, yakni memakai masker,mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Vaksin Tahap 2 direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 7 April 2021. Semoga dengan sudah mulai dilakukan vaksin pandemik segera berakhir dan Indonesia bisa kembali pulih.

 

Kontributor : Riani Kusuma Wardani