Sambut Ajaran Baru, MTsN 1 Kota Cirebon Terapkan Matsama Ramah Anak

SHARE

Sukapura (HUMAS Kota Cirebon

Sebanyak 320 siswa baru MTsN 1 Kota Cirebon berkumpul di lapangan madrasah pada Senin pagi (15/7/2024). Mereka menjalani upacara sekaligus mengawali masa ta'aruf siswa madradsh, atau disingkat Matsama. Matsama dilaksanakan dengan menerapkan iklim yang ramah anak. Hal ini disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Kota Cirebon H. Casita di hadapan siswa dan orangtua yang turut hadir dalam pembukaan matsama. 

"Kegiatan Matsama MTsN 1 Kota Cirebon diterapkan dengan mengusung semangat ramah anak. Tidak ada perpeloncoan, hukuman fisik, atau perintah membawa barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan di madrasah. Instaallag siswa akan lebih jaman menjalani masa pengenalannya terhadap lingkungan sekolah."

Casita pun menyampaikan pesan kepada segenap panitia untuk senantiasa proaktif membimbing para siswa baru dengan sikap yang lembut dan menyenangkan. "Saya juga berpesan kepada seluruh panitia dan pengisi materi agar bisa membawa suasana positif dan menyenangkan. Misalnya,penyampaian materi yang dibaluti dengan permainan agar peserta tidak tegang dan merasa nyaman."

Matsama merupakan program yang wajib dilalui oleh siswa baru. Hal ini dilaksanakan mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Budaya Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Dalam menjalankannya, MTsN 1 Kota Citrbon menerapkan matsama yang ramah anak sevagai komitmen untuk menjadikan madrasah di kawasan Pilang tersebut tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu. Semoga dengan basis ramah anak, pelaksanaan matsama di MTsN 1 Kota Cirebon akan optimal, nyaman, dan meningkatkan semangat belajar seluruh peserta didik baru. 

Kontributor : M. Qomarudin

Editor : Haji Arif Arofah