Haru! Para Guru MTsN 2 Kota Cirebon Lepas Kelulusan 207 Siswanya

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

MTsN 2 Kota Cirebon menggelar Haflah Akhirussanah bagi siswa-siswi kelas 9 di Gedung Andalusia, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon (11/6/2024). Ini merupakan ajang pelepasan kelulusan para guru kepada anak didiknya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Kepala MTsN 2 Kota Cirebon Karyadi, mewakili curahan hati seluruh guru, mengungkapkan pesan agar siswa-siswinya yang lulus hari ini tidak pernah surut untuk menuntut ilmu dan mengejar cita-cita. "Jangan sampai langkah anak-anakku berhenti di tengah jalan, karena langkah ini masih panjang. Kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan mohon dirawat dan diteruskan. Jangan sampai di jenjang yang lebih tinggi, semua hal itu menjadi kendur dan tak diasah lagi," ungkapnya. 

Ada 207 siswa MTsN 2 Kota Cirebon yang dilepas kelulusannya pada Selasa pagi ini. Sebanyak 107 di antaranya perempuan, 100 sisanya laki-laki. Mereka menjalani pesta perpisahan dengan wajah gembira sekaligus hari. Terlebih tatkala perwakilan dari siswa menjalani sesi sungkeman, yang dibalut dengan adat kesenian tradisional dan narasi yang puitis. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang hadir pada kegiatan menyampaikan pesan agar para siswa tetap menjaga silaturahmi setelah lulus. Sebab, sekalipun telah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka tetaplah bagian yang tak terpisahkan dari doa-doa yang diuntai oleh para gurunya. 

"Perpisahan ini hanyalah perpisahan fisik, sejatinya ikatan batin tetaplah lestari. Tidak ada istilah bekas guru. Sekali guru akan tetap menjadi guru, yang doa-doanya senantiasa mengalir memunajatkan harapan agar siswa-siswinya dapat melanjutkan langkah hingga meraih masa depan cerah," ucapnya. 

Haflah Akhirussanah MTsN 2 Kota Cirebon mengusung tema "Menuju Generasi Emas yang Berakhlakul Karimah". Pada kesempatan ini dilaksanakan juga sejumlah mata kegiatan, seperti pagelaran seni dan khotmil Qur'an. Dengan demikian, para siswa yang dilepas hari ini sejatinya disaksikan kelulusannya dalam dua bidang, yakni bidang akademik dan bidang khotmil Qur'an. 

Kontributor : Haji Arif Arofah