Wong Kota Cirebon Antusias Ikut Program Balik Lebaran Gratis Rute Kota Cirebon-Jakarta

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Wong Kota Cirebon antusias mengikuti program Balik Lebaran Gratis Bersama Kemenag. Ini terlihat dari ludesnya kuota peserta program hanya beberapa jam sejak diumumkan pada Ahad (14/4/2024) pukul 10.00 WIB. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengungkapkan bahwa program digagas Kementerian Agama melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kankemenag kota/kabupaten se-Jawa Barat. 

"Ini adalah program yang digagas oleh Menteri Agama beserta Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat. Sebelum lebaran telah dilaksanakan program mudik Lebaran dari Jakarta oleh Menteri Agama. Kini saatnya, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat beserta seluruh Kankemenag kota/kabupaten turut serta dalam program balik Lebaran," ucapnya.

Hal tersebut disampaikannya pada momen pelepasan keberangkatan rombongan balik Lebaran di halaman Kantor Kemenag Kota Cirebon, Senin (15/4/2024) pukul 09.00 WIB. 

Sementara itu Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet mengatakan bahwa program balik Lebaran gratis diperuntukkan bagi masyarakat umum. Siapa pun boleh ikut tanpa memandang latar belakang pekerjaan. 

"Program ini terbuka untuk umum, tidak hanya PNS Kemenag. Masyarakat dari berbagai latar belakang pun boleh itu. Untuk keberangkatan di titik lokasi Kota Cirebon dengan tujuan Jakarta ini, kami sediakan satu armada bus untuk 48 masyarakat. Alhamdulillah kuotanya ludes," ungkapnya. 

Program balik Lebaran ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan Kemenag Kota Cirebon. Kendati demikian, keamanan dan kenyamanan para peserta balik Lebaran menjadi prioritas utama. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kankemenag kota/kabupaten se-Jawa Barat. Salah satunya diwujudkan dengan koordinasi apik bersama Kankemenag Kabupaten Karawang dalam memastikan kenyamanan dan keamanan peserta program di Rest Area KM 52. Kiranya program ini menjadi langkah besar dalam ikhtiar Kementerian Agama untuk semakin dekat dengan umat dalam hal pelayanan. 

Kontributor : Haji Arif Arofah