Umat Buddha Turut Ramaikan Upacara HAB ke-77 Tingkat Kota Cirebon

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Umat Buddha di lingkup Kota Cirebon turut antusias menyambut peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia. Tak heran jika mereka berbondong-bondong datang menghadiri upacara peringatan HAB tingkat Kota Cirebon yang dihelat di lapangan Balai Kota Cirebon (3/1/23). 

Penyuluh agama Buddha pada Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Catur Widyaningsih menyebutkan bahwa sebanyak 15 umat Buddha hadir pada upacara, mewakili seluruh umat Buddha di Kota Cirebon. 

"Kami hadir berlima belas untuk turut merayakan dan memperingati Hari Amal Bhakti ke-77 bersama pemeluk agama lain, dan warga Kota Cirebon lainnya. Kami sangat antusias merayakan hari bersejarah ini," ucap Catur. 

Seperti peserta upacara lainnya, umat Buddha pun semangat mengenakan pakaian adat terbaik untuk memeriahkan HAB. Ada banyak eagam yang dikenakan. Catur, misalnya, mengenakan pakaian adat dari Makassar. Sementara umat lainnya mengenakan kebaya, batik, pakaian adat Jawa, dan pakaian adat lainnya. 

"Pakaian adat ini merupakan perwujudan Bhinneka Tunggal Ika, meski berbeda tetap satu jua, yakni Indonesia," tambah Catur. 

Selain umat Buddha, umat dari agama lain, seperti Islam, Hindu, Kristiani, dan Konghucu pun hadir pada upacara. Bersama-sama mereka menunjukkan bahwa kerukunan yang terbangun ini terasa begitu indah. Ini sejalan dengan semangat HAB pada tahun ini, yakni "kerukunan umat untuk Indonesia hebat".

Kontributor : Catur & Arif