Siswa MIN Kota Cirebon Simak Tausiyah Birrul Walidain

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Usai libur pertengahan semester, para siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Cirebon kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar. Di awal masuk semester kedua tahun ajaran 2022/2023, mereka tampak antusias mengawali hari dengan  rutinitas ibadah. Ini tampak pada Rabu pagi (4/1/23), tatkala ratusan siswa MIN Kota Cirebon berkumpul si lapangan madrasah untuk membaca Juzz Amma, dipimpin oleh salah seorang guru mereka, Riri Yulianti.

Usai melaksanakan shalat dhuha, mereka menyimak tausiyah pagi yang dibawakan oleh Kepala MIN Kota Cirebon, Lili Sadeli. Tema yang diangkat adalah keutamaan birrul walidain atau berbakti pada kedua orangtua.

"Berbakti kepada orangtua wajib hukumnya, karena ridho Allah tergantung pada ridho orangtua. Kita harus selalu berkata sopan kepada kedua orangtua kita, dan biasakan mencium tangan ketika berangkat dan pulang sekolah," ucap Lili dalam sesi tausiyahnya.

Lili menyebutkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai upaya pembiasaan kebiasaan baik, terutama tiga hal berkenaan dengan ibadah, yakni membaca Al-Qur'an (Juzz 'Amma), melaksanakan shalat dhuha, dan menyimak tausiyah.

"Tujuan dari pembiasaan ini tiada lain untuk membentuk karakter dan sikap dari setiap individu siswa agar terbiasa melaksanakan hal-hal yg baik. Di samping itu, kami atas nama MIN Kota Cirebon mempunyai tujuan utama menyiapkan siswa-siswi kami menjadi generasi penerus qur'ani dan berakhlak mulia," ungkap Lili.

Lili menyebut betapa antusiasnya para siswa mengikuti rutinitas pagi ini. Hal tersebut menjadi tambahan energi dan semangat para guru MIN Kota Cirebon untuk terus melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam ikhtiar memberikan pelajaran yang baik kepada anak-anak.

Kontributor : Haji Arif Arofah