Siswa Kelas 8 MTsN 2 Kota Cirebon Jalani ANBK

SHARE

Kalijaga (HUMAS Kota Cirebon)

Siswa Kelas 8 MTsN 2 Kota Cirebon menjalani Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) tahun pelajaran 2022-2023 (21/9). Kegiatan dilaksanakan di lingkungan madrasah selama dua hari, yakni pada 21-22 September 2022.

Pelaksanaan  ANBK  diikuti oleh 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Guna memastikan kelancaran penyelenggaraan kegiatan, pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 3 sesi , yaitu sesi 1 pukul  07.30-09.40 WIB, sesi 2  pukul 10.40–12.50 WIB dan sesi 3 pukul 14.20–16.30 WIB. Setiap sesinya diisi oleh 15 peserta.

Pelaksanaan ANBK bertujuan untuk memperoleh data terkait pendidikan dan pengajaran madrasah, yang bersumber dari lembaga-lembaga yang menjadi sampel dalam kegiatan ini, dalam hal ini MTsN 2 Kota Cirebon sebagai salah satu sampel dari madrasah di Kota Cirebon.

Pada asesmen nasional ini, para peserta disajikan pertanyaan pertanyan di bidang literasi dan numerik. Bidang literasi berkenaan dengan ketelitian membaca dan sains, sedangkan bidang numerik berkenaan dengan ilmu hitung dan sosial budaya.

Pelaksanaan ANBK di MTsN 2 Kota Cirebon dipantau langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Jajang Badruzzaman. Dirinya mengungkapkan rasa syukur pelaksanaan ANBK di MTsN 2 Kota Cirebon dapat berjalan lancar tanpa hambatan.
Dirinya pun berharap para siswa dapat mengerahkan segala kemampuannya, sebab hasil ANBK ini akan menjadi tolok ukur bagi madrasah dalam  meningkatkan kemampuan di bidang literasi dan numerik.

Kontributor : Haji Arif Arofah