Sambut Asesmen Madrasah, MTs Darul Hikam Kota Cirebon Gelar Tradisi Tahunan MABIT

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Menyambut asesmen madrasah, MTs Daru'l Hikam menggelar malam bina iman dan takwa, disingkat menjadi MABIT. MABIT ini rupanya merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan oleh madrasah yang tak jauh dari situs bersejarah Masjid Merah Panjunan tersebut. Ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala MTs Daru'l Hikam Nasrudin pada Sabtu (20/4/2024). 

"Alhamdulillah, kegiatan MABIT terlaksana dengan baik dan lancar sejak Jumat (19/4/2024). MABIT ini adalah tradisi tahunan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan hasil terbaik dalam asesmen madrasah. Juga memberikan dorongan moril bagi peserta didik kami yang akan mengikuti asesmen. Ada 78 peserta didik kelas 9 yang hadir, ditambah dewan guru serta karyawan MTs Daru'l Hikam sebanyak 23 peserta," ucapnya. 

Nasrudin menyampaikan bahwa antusiasme peserta MABIT sangat baik. Orangtua dan wali dari peserta didik turut hadir menambah suasana semakin haru, mengingat asesmen madrasah menjadi titik terakhir perjuangan mereka di almamater tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Habib Mustofa bin Syueb selaku perwakilan dari yayasan. Dirinya mengungkapkan rasa gembiranya atas pelaksanaan MABIT yang berlangsung tanpa kendala. 

"Alhamdulillah kegiatan malam bina iman dan takwa ini tetap menjadi program tahunan yang berasaskan ahlussunah wal jamaah. Insyaallah program akan tetap berlangsung ke depannya sebagai bagian dari program sekolah dalam membina iman dan takwa peserta didik. Apalagi MABIT dapat menjadi bahan tafakur bagi peserta didik kelas 9 menjelang ujian akhir dan menyatukan ikatan hati antara orangtua dan anak," ucapnya. 

Di samping itu, MABIT dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemandirian dalam hal sosial dan budaya serta keagamaan di  masyarakat, serta wujud kepasrahan diri seorang hamba dengan cara bermunajat kepada Allah SWT sebelum melaksanakan suatu ikhtiar. 

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam MABIT. Di antaranya, ziarah makam pendahulu Daru'l Hikam, tadarus dan khotmil Qur'an, pembacaan Ratibul Haddad, parenting, qiyamulail, dzikir bersama; renungan malam, dan tadabur alam wisata Pelabuhan.

Kontributor: Tim Penjamin Mutu MTs Darul Hikam

Editor : Haji Arif Arofah