Keberadaan Operator Madrasah Vital di Era Transformasi Digital

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Operator madrasah merupakan seseorang yang bekerja secara individu maupun kelompok yang bertugas menverifikasi dan validasi data madrasah. Lingkup kerja operator madrasah berkenaan dengan pengolahan data berbasis teknologi informasi, seperti EMIS dan aplikasi lainnya. Karenanya, operator madrasah bersentuhan langsung dengan salah satu program prioritas Kementerian Agama, yakni transformasi digital. Mengingat pentingnya peranan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli menyebut bahwa keberadaan operator madrasah vital di era transformasi digital ini.

"Keberadaan operator sangat vital dalam era transformasi digital. Kiprahnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Andai operator absen dalam mengerjakan tugasnya, pengelolaan madrasah bisa tersendat," ucapnya. Ini disampaikannya saat membuka kegiatan Penguatan Tenaga Operator Data EMIS Madrasah yang diselenggarakan Seksi Pendidikan Madrasah di aula MAN 2 Kota Cirebon (23/05/23). Puluhan operator madrasah hadir memenuhi lokasi kegiatan ini.

Lebih lanjut Saefuddin mengungkapkan asa agar para operator madrasah di lingkup Kota Cirebon tetap istikomah dalam memajukan madrasah melalui pengelolaan dan pemanfaatan data. Dirinya pun mengimbau para kepala madrasah untuk selalu sigap membimbing dan memimpin derap langkah para operator dalam memajukan madrasah, bersama personel lainnya.

"Memajukan madrasah tidak dapat bergantung pada satu unsur atau satu pihak. Ibarat dua sisi mata uang, keberadaan operator bersama-sama dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lainnya saling melengkapi dan sama pentingnya. Oleh karenanya, seluruh pihak mesti bersinergi dalam mencapai tujuan memajukan madrasah menjadi semakin baik kualitasnya," tambahnya.

Hal ini diamini oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Jajang Badruzzaman. Dikatakannya bahwa teamwork amat penting dalam memajukan madrasah.

"Setiap unsur dalam madrasah tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Perlu adanya teamwork yang padu antara operator, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. Begitu juga operator. Dia memajukan madrasah dengan pengelolaan data  di tingkat satuan kerjanya masing-masing. Namun di momen tertentu, para operator madrasah perlu berkolaborasi dalam memajukan madrasah se-Kota Cirebon," ucapnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah