Kakanwil Kemenag Jabar Imbau Calhaj Kota Cirebon Perhatikan Asupan Gizi

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Jabar) H. Ajam Mustajam menyambangi calon haji (calhaj) Kota Cirebon di Attaqwa Center, Kota Cirebon (25/4/2024). Pada momen Bimbingan Manasik (Bimsik) Haji Massal II ini, dirinya mengimbau agar calhaj untuk selalu memperhatikan asupan gizi. 

"Ibadah haji adalah ibadah fisik. Oleh karenanya, asupan gizi amat penting untuk diperhatikan saat beribadah haji. Pada saatnya makan, harus makan. Jangan sampai terlewat dengan alasan sedang tidak berselera, atau alasan lainnya," ucapnya. 

Ajam memastikan bahwa Kementerian Agama melaksanakan pengelolaan konsumsi dengan memperhatikan kandungan gizi. Hal ini penting untuk mendukung aktivitas jemaah haji di Tanah Suci, tak terkecuali jemaah haji lanjut usia, yang memiliki jumlah paling banyak pada haji tahun ini. 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengamini hal tersebut. Dikatakannya bahwa sebagian besar calhaj merupakan jemaah lansia. 

"Jemaah haji Kota Cirebon tertua berusia 81 tahun, dan termuda berusia 24 tahun. Adapun jemaah haji yang berusia 81 tahun berjumlah 4 orang," ungkapnya. 

Moh. Khuailid menambahkan bahwa jemaah haji Kota Cirebon dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 25 Mei 2024. Selama masa pelaksanaan haji ini, jemaah haji Kota Cirebon dipastikan akan mendapatkan pelayanan dan perlindungan dari para petugas sejak pemberangkatan hingga kepulangan nanti dari Tanah Suci. 

Kontributor : Haji Arif Arofah