Kakanwil : Luruskan Niat Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

SHARE

Jalan Kartini (Humas Kota Cirebon)


Ratusan calon jemaah haji dari berbagai penjuru Kota Cirebon berkumpul di Kantor DPRD Kota Cirebon untuk melaksanakan bimbingan manasik haji massal II , Sabtu (20/05/2023). Acara ini merupakan bagian dari persiapan yang penting bagi jemaah sebelum mereka berangkat menuju tanah suci. Dengan partisipasi lebih dari 321 jemaah,bimbingan  manasik haji massal di Kota Cirebon menjadi acara yang menggembirakan dan membantu jemaah meraih kepuasan spiritual sebelum melaksanakan ibadah haji.


Acara bimbingan manasik haji massal ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Saefuddin Jazuli, " Bimbingan manasik ini adalah rangkaian kegiatan akhir setelah melalui manasik haji tahapan tingkat KUA dan juga tingkat Kota yang dilaksanakan di Gedung ICC IAIN Syech Nurjati. Calon Jamaah yang berhak berangkat adalah sebanyak 321 jamaah dan sampai detik ini yang sudah melunasi sebanyak 357 jamaah. artinya ada 36 Jamaah cadangan yang belum dipastikan bisa berangkat,Mudah-mudahan Kota Cirebon mendapatkan kuota tambahan bahkan bisa memberangkatkan satu kloter atau lebih. " ungkapnya. 

Dalam Kesempatan yang sama, Azam Mustajam selaku Kepala Kanwil Provinsi Jawa Barat pun mengabarkan bahwa pada minggu depan akan dibuka penambahan kuota. " Jika ingin memberangkatkan satu kloter atau lebih silahkan proses pelunasan, dan dapat dipastikan 36 yang telah melunasi akan bisa berangkat tahun ini, " terang Azam. 


Kabar gembira itupun disambut sorak gembira dari jamaah yang menghadiri kegiatan. Seperti yang sudah diketahui,Indonesia mendapatkan 8000 Kuota tambahan untuk keberangkatan haji tahun ini.


Azam pun berpesan kepada Calon Jamaah haji untuk kembali meluruskan niat sebelum berangkat ke tanah suci. "Niatkan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, jangan ada bumbu yang lain. Terlebih, Jemaah haji harus bisa menjadi agen perubahan bangsa dan menjadi perubah moral akhlak bangsa, minimal di Lingkungan sekitarnya," katanya


Dalam beberapa hari ke depan, jemaah akan melanjutkan persiapan haji, termasuk pemeriksaan kesehatan, administrasi dan pengecekan dokumen. Setelah itu, mereka akan siap untuk berangkat menuju tanah suci dan menjalankan ibadah haji yang menjadi impian dan keinginan setiap muslim.


Calon jemaah haji Kota Cirebon tergabung pada kloter 9 Jawa Barat yang akan diberangkatkan pada tanggal 6 Juni 2023 dilepas dari Asrama Haji Indramayu melalui Bandara Kertajati Majalengka.


Hadir dalam acara bimbingan tersebut  Para Kasi Kementerian agama Kota Cirebon, Asisten Daerah Kota Cirebon,  Komisi 1  DPRD Kota Cirebon, Para Petugas Haji dan seluruh peserta calon jamaah haji.

Kontributor : Riani Kusuma Wardani