179 Guru Madrasah Kota Cirebon Jalani Tes Masuk PPG

SHARE

Pilang (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 179 guru madrasah Kota Cirebon mengikuti tes masuk program pendidikan guru profesi (PPG) pada Sabtu (25/3/23). Tes berlangsung secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Namun untuk area Kota Cirebon, pelaksanaan dikonsentrasikan di laboratorium komputer MAN 1 Kota Cirebon. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha Slamet berkesempatan hadir di lokasi tes. Dirinya mengungkapkan syukur pelaksanaan tes dapat berlangsung tanpa kendala. 

"Tes ini diikuti oleh 179 guru, baik PNS maupun non PNS. Mereka berasal dari berbagai madrasah di Kota Cirebon, dari MI, MTs, hingga MA. Alhamdulillah pelaksanaan dapat berjalan lancar," ucapnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Jajang Badruzzaman. Dikatakannya bahwa pelaksanaan tes terbagi ke dalam sejumlah sesi, dengan masing-masing sesi berisi 32 orang. 

"Pelaksanaan tes insyaallah dilaksanakan dalam beberapa sesi, selama dua hari. Tes dilaksanakan secara online menggunakan sistem computer assisted test (CAT) . Biasanya sesi pertama di hari pertama adalah yang paling krusial. Oleh karenanya, kita antisipasi sejak kemarin agar tidak terjadi kendala teknis maupun nonteknis. Alhamdulillah, kendala dimaksud tidak terjadi," ucapnya. 

Ada sebanyak 120 soal yang harus dikerjakan oleh para guru  dalam kurun 150 menit. Tiap-tiap orang mendapatkan soal yang berbeda-beda mengacu pada bidang studi yang digeluti oleh tiap-tiap guru. Nantinya, para guru yang memperoleh hasil dan peringkat tertinggi berhak untuk mengikuti PPG. 

"Sederhananya, tes ini merupakan tes masuk PPG. Kami berharap, semoga banyak guru madrasah Kota Cirebon yang mendapatkan hasil maksimal, dan berhak mengikuti PPG."

Kontributor : Haji Arif Arofah