Tingkatkan Kualitas, Kemenag Kota Cirebon Selenggarakan PDWK Administrasi Pelayanan Publik

SHARE

Jalan Pemuda (INMAS Kota Cirebon)

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melaksanakan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Teknis Administrasi Pelayanan Publik Angkatan VIII yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung di Aula Kantor.

Agar perbaikan kualitas pelayanan lebih merata, peserta terdiri dari berbagai satker, seperti Madrasah, KUA dan perwakilan setiap Seksi di Kantor Kemenag Kota Cirebon. Sebanyak 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat antusias.

Sejalan dengan akan diwujudkannya Zona Integritas, Kankamenag Kota Cirebon, Moh Ahsan menyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutannya, dirinya berharap agar seluruh peserta tertib dan bersungguh-sungguh, sehingga ilmu yang diperoleh bisa diterapkan di tempat tugas masing-masing.

Senada dengan Moh. Ahsan, Kepala BDK Bandung Drs. H. Aguslani, M.Ag menyebutkan bahwa peserta PDWK harus mempunyai komitmen untuk mengutamakan kepuasan masyarakat. “Pelatihan ini tidak hanya dimaksudkan untuk menambah wawasan, tapi juga meneguhkan komitmen Sapa Tua,” ujarnya. Sapa Tua sendiri merupakan singkatan dari sadar diri, pahami tusi dan tunaikan amanah.

Pelatihan yang digelar dari tanggal 29 Maret sampai dengan 3 April 2021 meliputi 54 jam mata diklat. terdiri dari kelompok dasar, kelompok inti dan kelompok penunjang. Kelompok dasar fokus pada pembangunan bidang agama, pengembangan sumber daya manusia, serta peningkatan dan penjamin mutu pelatihan administrasi.

Pada kelompok inti, diantaranya membahas konsep dan kebijakan publik, desain pelayanan publik, implementasi dan pengawasan pelayanan publik, serta pengelolaan dan pengaduan masyarakat.

Kelompok penunjang terdiri atas pengarahan program pelatihan, Building Learning Commitment(BLC),  pretest, posttest serta evaluasi program.

Pada akhir kegiatan, Kantor Kementerian Kota Cirebon mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Tim Widyaiswara BDK Bandung yang telah memberikan ilmunya. Yakni, Dr. H.Subhan Sofhian,Mpd dan Dra. Hj. Ati Daniar M.Si serta seluruh panitia yang terlibat. Semoga Kantor Kemenag Kota Cirebon bisa menjadi pelayan masyarakat yang professional dan berkualitas.

 

Kontributor : Riani Kusuma Wardani