Pesan Kepala Kemenag Kota Cirebon pada PNS yang Dilantik : Maksimalkan Mind, Wisdom, Surrender

--

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Kebahagiaan dalam menjalani kehidupan pasti diingini oleh setiap insan. Guna menggapainya, manusia dapat memaksimalkan tiga hal, yakni mind (pikiran), wisdom (kebijaksanaan), dan surrender (ikhlas). Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag. pada seremoni pelantikan 26 PNS di lingkungan kerja Kankemenag Kota Cirebon.

Ke-26 PNS berasal dari tempat tugas yang berbeda-beda, dengan rincian 4 dari Subbagian Tata Usaha Kankemenag Kota Cirebon; 1 dari MAN 1 Kota Cirebon; 7 dari MAN 2 Kota Cirebon; 1 dari MIN Kota Cirebon; 7 dari MTsN 1 Kota Cirebon, dan 6 dari MTsN 2 Kota Cirebon. Namun pada hari ini (9/3), mereka berkumpul bersama di aula untuk disahkan sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Lebih lanjut, Moh. Ahsan menyebutkan bahwa ketiga hal dimaksud dapat pula diterapkan oleh para PNS baru dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Pikiran sejatinya merupakan sumber bencana sekaligus sumber kebahagiaan. Sedangkan kebijaksanaan merupakan “antitesis” dari pikiran.

“Jika pikiran adalah sumber masalah, maka kebijaksanaan merupakan sumber jawaban,” ujarnya.

Adapun keikhlasan hadir sebagai penyempurna dari pikiran dan kebijaksanaan. Sebagai PNS Kementerian Agama, keikhlasan tentunya familiar terdengar. Keikhlasan menjadi tonggak semangat bagi ASN Kementerian Agama dalam bekerja dan mengabdi. Suatu pekerjaan ataupun pengabdian, apabila dilaksanakan berlandaskan semangat keikhlasan, niscaya akan bernilai ibadah.

Sebagai pamungkas, Moh. Ahsan mendoakan kesuksesan bagi para PNS yang dilantik hari ini. Dirinya optimis, ke-26 PNS dimaksud mampu memaksimalkan potensi dan kompetensinya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia

Kontributor : Haji Arif Arofah