Perkuat Moderasi Beragama, Kemenag Kota Cirebon Inisiasi Roadshow ke Gereja Bunda Maria

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

Kankemenag Kota Cirebon melalui Seksi Binas Islam menginisiasi kembali gelaran roadshow ke rumah ibadah Kota Cirebon. Roadshow kali ini dilaksanakan di Gereja Bunda Maria Cirebon pada Selasa (9/7/2024), melibatkan para tokoh lintas agama dan penyuluh agama se-Kota Cirebon. 

Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq mengatakan bahwa program telah digelar secara rutin dengan Seksi Bimas Islam sebagai pemantiknya. Roadshow dihelat guna memperkuat moderasi beragama dengan cara saling berkunjung ke rumah ibadah tiap-tiap agama di Kota Cirebon. 

"Pada edisi sebelumnya, kami menggelar di Vihara Pemancar Keselamatan, Gereja Mawar Sharon, dan lainnya. Kini giliran kami berkunjung ke Gereja Katholik Bunda Maria Cirebon. Melalui kunjungan ini, kami dapat bersilaturahmi antartokoh lintas agama sekaligus para penyuluh agama. Kami juga dapat lebih saling memahami hal-hal apa saja yang melekat pada rumah ibadah yang dikunjungi, sehingga rasa sayang dan saling menghormati dapat kian terpupuk bersama," ucapnya. 

Hal senada diucapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid. Dikatakannya bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka merawat kerukunan dalam keberagaman dan kebhinnekaan antarumat. Namun sekaligus juga memperkaya wawasan para penyuluh agama terkait kehidupan keberagamaan di Kota Cirebon baik yang berkenaan dengan tugasnya secara langsung maupun berkenaan dengan tugas rekannya sesama penyuluh agama. 

"Program ini bertujuan untuk merawat kerukunan dalam keberagaman fan kebhinnekaan antarumat, sekaligus juga memperkaya wawasan kita sebagai pelayan masyarakat di bidang keagamaan. Terlebih, Menteri Agama telah berpesan agar Kementerian Agama senantiasa hadir untuk seluruh umat beragama," ungkapnya. 

Sementara itu, Romo Harianto selaku tuan rumah mengungkapkan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan di gereja yang berada dikawasan Dukuh Semar, Kota Cirebon tersebut. Dengan cara ini, tiap-tiap insan dapat saling memahami betapa banyaknya warna di dunia ini, dan hal tersebut menyenangkan. 

"Ternyata hidup bersama itu menyenangkan. Banyak warna itu menggembirakan. Kita dapat saling mengenal dan saling memahami warna-warni di luar kita. Hal ini menjadikan bertetangga dan bersahabat itu terasa sangat menyenangkan. Dengan hidup penuh warna, kita bisa saling belajar satu sama lain," ungkapnya. 

Gereja Bunda Maria Cirebon merupakan gereja katholik yang dibangun pada tahun 1990. Gereja ini meliputi bangunan utama gereja, dan sejumlah lokasi ikonik, seperti taman doa, dan 11 monumen kejadian penyaliban Yesus. Pada program ini, sebanyak 60 orang hadir mengikuti kegiatan. Mereka merupakan para tokoh lintas agama, serta para penyuluh agama dari berbagai agama, yang menjalankan tugasnya di Kota Cirebon

Kontributor : Haji Arif Arofah