Peringati Iduladha, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Ini Momen Peduli dan Kasih Sayang

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Iduladha dikenal pula sebagai Idulkurban mengingat sejarah yang melatarbelakanginya berkenaan dengan pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam memenuhi ketaatannya kepada Allah SWT. Namun momen penting ini pun hakikatnya memiliki semangat kepedulian dan kasih sayang. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid kala menjalani ibadah Iduladha bersama ratusan masyarakat Kota Cirebon di halaman depan Masjid Attaqwa dan Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon (17/6/2024). 

"Iduladha mengajarkan kita makna pengorbanan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang secara taat menjalankan perintah Allah SWT walaupun perintah itu berat. Namun momen bersejarah ini hakikatnya mengajarkan pula tentang kepedulian dan kasih sayang kepada sesama," ucapnya. 

Sikap peduli dan kasih sayang itu, misalnya, ditunjukkan dengan penyediaan hewan qurban. Muslim yang berqurban menyisihkan hartanya untuk membeli hewan kurban agar dagingnya dapat dibagikan kepada masyarakat sekitar. Hal ini menunjukkan nilai kepedulian sosial yang luhur sekaligus kasih sayang.

"Dengan demikian, mari kita pererat silaturahmi di momen Iduladha ini. Rayakan dengan berqurban. Mari kita saling menyayangi dan mengasihi sesama umat manusia agar terwujud Kota Cirebon yang kian guyub dan rukun," ungkapnya. 

Pelaksanaan kurban tidak hanya berlangsung pada 10 Dzulhijjah, melainkan juga pada 11, 12, 13 Dzulhijjah yang dikenal dengan Hari Tasyrik. Pada momen ini, masyarakat masih berkesempatan untuk merayakan momen kasih sayang ini dengan berqurban. Adapun hewan yang dikurbankan merupakan hewan ternak, yakni domba minimal berusia 1 tahun atau telah berganti gigi; kambing minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ketiga usianya; unta minimal berusia 5 tahun, dan telah masuk tahun keenam usianya; serta sapi atau kerbau minimal berusia 3 tahun, dan telah masuk tahun ketiga usianya.

Kontributor : Haji Arif Arofah