Pastikan AKGTK Lancar, MAN 2 Kota Cirebon Kerahkan Tim Operasional

SHARE

Majasem (HUMAS Kota Cirebon) 

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) merupakan kegiatan berskala nasional yang dilaksanakan serentak secara daring pada Senin-Rabu (24-26/6/2024). Mengingat pentingnya asesmen ini, MAN 2 Kota Cirebon mengerahkan tim operasional untuk mengawal pelaksanaan asesmen selama tiga hari. 

"Alhamdulillah MAN 2 Kota Cirebon dipercaya sebagai salah satu titik lokasi pelaksanaan AKGTK di Kota Cirebon. Mengingat pentingnya kegiatan ini, kami berdasarkan instruksi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Kepala Seksi Penmad, dan Kepala MAN 2 Kota Cirebon mengerahkan tim operasional untuk mengawal kegiatan," ucap Kepala Tata Usaha MAN 2 Kota Cirebon Emay Maemunah pada Rabu (26/6/2024). 

Tim dimaksud terdiri dari tenaga ketatausahaan, proktor, dan operator pada laboratorium komputer. Adapun tugas yang dilaksanakan berkenaan dengan keperluan registrasi, administrasi, pengelolaan perangkat keras dna perangkat lunak komputer, serta asistensi pengoperasian komputer. Emay mengatakan tim senantiasa siaga selama pelaksanaan asesmen guna mengantisipasi adanya kendala. 

"Kendala yang diantisipasi biasanya terkait jaringan internet. Sejauh ini alhamdulillah tidak terjadi kendala berarti selama pelaksanaan asesmen," ungkapnya.

Setiap harinya, asesmen dilaksanakan sebanyak tiga sesi. Setiap sesi diikuti oleh dua puluh peserta asesmen yang berasal dari unsur guru mata pelajaran umum pada MI, MTs, dan MA, ditambah para guru RA. Ada 117 guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti asesmen di tilol MAN 2 Kota Cirebon. 

AKGTK merupakan asesmen untuk mengukur kompetensi guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah. Sifatnya wajib diikuti oleh semua guru madrasah dan tenaga kependidikan, baik di Kota Cirebon maupun di luar Kota Cirebon. Hasil dari AKGTK akan dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan kompetensi di lingkup pendidikan madrasah yang diselenggarakan secara Nasional. 

Kontributor : Haji Arif Arofah