Pahalanya Tak Pernah Putus, Penyuluh Agama Islam Kota Cirebon Ajak Gemar Shodaqoh

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Shodaqoh atau sedekah merupakan amal baik yang dianjurkan. Dalam shodaqoh ada upaya sikap saling peduli terhadap sesama sekaligus sikap mengharap ridho Allah. Karenanya pantas kiranya jika shodaqoh merupakan amalan yang pahalanya tak pernah putus. Ini sebagaimana disampaikan oleh penyuluh agama Islam Kota Cirebon Sulhan Khaeri di hadapan jemaah Majelis Taklim Masjid Al-Hijrah Pegambiran (10/6/2014).

"Shodaqoh atau sedekah adalah salah satu amal yang dianjurkan karena memiliki pahala yang terus mengalir. Pahala dari shodaqoh tidak akan terputus meskipun seseorang telah meninggal dunia. Hal ini harus kita jadikan motivasi utama untuk terus berbagi dan membantu sesama sekaligus mengharap ridho Allah," ucapnya. 

Sulhan mengungkapkan bahwa shodaqoh yang dimaksud adalah shodaqoh jariyah, di saat seseorang membagikan sebagian hartanya untuk kemaslahatan umat yang manfaatnya bisa dinikmati setiap waktu. Dirinya menyitir sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

"Rasulullah SAW bersabda bahwa, 'ketika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.' Inilah mengapa shodaqoh menjadi penting untuk orang lain bahkan untuk diri kita sendiri. Sebab, sesungguhnya tidak hanya orang lain yang mendapatkan faedahnya, tetapi juga diri kita yang dapat mendulang pahala terus menerus," tuturnya. 

Sulhan mengimbau jemaah majelis taklim binaannya bahwa selagi hidup dan dikaruniai umur, hendaknya karunia ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak tabungan pahala jariyah ini. Sekecil apapun nilai dan nominalnya, shodaqoh memiliki kekuatan untuk memberikan perubahan besar dan pahala yang tak terhingga.

Kontributor : Haji Arif Arofah