MTs Darul Hikam Lakukan Syiar Al-Quran Lewat Pelepasan Siswa dan Khotmil Quran

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

MTs Darul Hikam Kota Cirebon menggelar pelepasan kelulusan dan khotmil Qur'an siswa kelas IX Angkatan ke-44 di ballroom salah satu hotel Kota Cirebon pada Sabtu (16/6/2024). Kegiatan ini dihelat dengan tidak hanya bersifat seremonial, melainkan juga mengedepankan makna syiar Al-Qur'an. Hal ini disampaikan oleh Kepala MTs Darul Hikam Nasiruddin dalam kalam sambutannya. 

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini tidak sekadar bersifat seremonial namun juga menitikberatkan pada gapaian perjuangan peserta didik selama tiga tahun, terutama dalam belajar Al-Qur'an. Kegiatan ini menjadi ajang syiar Al-Qur'an guna mencetak generasi rabbani," ucapnya. 

Dirinya menambahkan bahwa para siswa telah gigih berjuang dalam pelajaran akademik maupun pelajaran yang bersifat Qur'ani. Dirinya berharap bekal bacaan dan hafalan Al Quran yang sudah ditanamkan selama tiga tahun di almamater tersebut dapat menjadi modal untuk memantapkan jati diri menempuh masa depan. Terlebih 100 persen siswanya menjalani "khataman" ini. 

"Alhamdulillah tahun ini siswa yang ikut khotmil Qur'an sebanyak 100 persen siswa melaksanakan khotmil hafalan Qur'an di mana 40 anak bilghoib dan sisanya bin nadzor."

Sementara itu, perwakilan dewan pembina yayasan, Habib Mahmud bin Yahya, mengungkapkan harapnya agar orangtua siswa tutur mendukung keberlanjutan amalan bada dan hafalan anak-anaknya. Salah satunya dengan mencarikan tempat melanjutkan pendidikan yang juga mendukung hal ini.

"Para siswa telah dikembalikan kepada orangtua dengan bekal Al-Qur'an, pengetahuan agama, dan pengetahuan umum. Kita sebagai orangtua berkewajiban untuk mencarikan tempat yang tepat dan sesuai bagi keberlanjutan pendidikan anaknya," ucapnya. 

Sementara Ketua Komite Aminah berharap agar para siswa yang lulus senantiasa menjaga pergaulannya di tengah langkahnya menapaki masa depan. "Khotmil Qur'an dan pelepasan ini adalah momen istimewa bagi semuanya, baik anak maupun para guru. Pesan saya, lanjutkan pendidikan songsonglah masa depan. Pandailah memilah dan memilih pergaulan. Jadikan ilmu yang didapat sebagai bekal untuk melangkah menuju masa depan."

Pada tahun ini, MTs Darul Hikam telah meluluskan 95 siswa, dengan rincian 51 laki-laki dan 44 perempuan. Pengawas Bina Kementerian Agama Kota Cirebon Ujianti Priantini mewakili Kantor Kementetian Agama Kota Cirebon mengungkapkan apresiasinya atas kerja keras para guru dan sinergi berkesinambungan yang dilakukan oleh pihak madrasah, baik bersama Kementerian Agama maupun lembaga lainnya. Dirinya berharap MTs Darul Hikam senantiasa melanjutkan kiprahnya untuk senantiasa mencetak generasi-generasi yang mandiri dan berprestasi. 

Kontributor : Tim Penjamin Mutu MTs Darul Hikam Kota Cirebon

Editor : Haji Arif Arofah