KSM Tingkat Kota Cirebon Tahun 2024 Resmi Digelar, Ada Kategori Lomba Baru

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Cirebon tahun 2024 resmi digelar, seiring dilaksanakannya seremoni pembukaan serentak se-Jawa Barat pada Jumat (28/6/2024). Gelaran ini ditabuh secara resmi oleh Plh. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, yang juga Kepala Bagian Tata Usaha, H. M. Ali Abdul Latief melalui layanan aplikasi daring. 

Ali Abdul Latief mengatakan bahwa KSM merupakan ajang kompetisi sains yang dapat diikuti oleh siswa madrasah maupun sekolah. KSM memiliki manfaat dalam mengasah kemampuan problem solving siswa. 

"KSM merupakan ajang kompetisi berbasis sains dan ilmu keagamaan. Dari kompetisi ini, siswa dilatih untuk mengasah kemampuan problem solvingnya, melalui aktivitas menelaah pertanyaan, menyimpulkan hasil dari pertanyaan, dan aktivitas lainnya," ungkapnya. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KSM 2024 menghadirkan kategori lomba batu, yakni kategori berregu. Ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Jajang Badruzaman. 

"Pada tahun ini, KSM Tingkat Kota Cirebon diikuti oleh 116 peserta perorangan, ditambah 29 peserta kelompok. Kategori kelompok ini baru dilaksanakan tahun ini. Soal-soal yang disajikan akan dikerjakan oleh kelompok yang berisi tiga orang. Ketiganya akan berdiskusi untuk memecahkan soal-soal yang merupakan materi pelajaran gabungan dari seluruh mata pelajaran yang dilombakan," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengungkapkan dukungan penuhnya bagi kompetisi yang akan diikuti oleh siswa madrasah dari tingkat MI, MTs, dan MA, serta siswa sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA ini. Dirinya berpesan agar para siswa senantiasa mengobarkan semangat berilmu sains ini hingga dewasa nanti. 

"Sains merupakan salah satu cabang ilmu yang membawa perubahan dan kemajuan zaman. Kobarkan semangat untuk mempelajari dan menelaah ilmu sains hingga memberikan dampak positif bagi kemajuan zaman di masa depan," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah