KSM 2024, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Momen Siswa Tingkatkan Kompetensi Sains Berbasis Qurani

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kementerian Agama tengah gencar meningkatkan kualitas dan kompetensi di berbagai layanan, tak terkecuali layanan di bidang pendidikan. Karenanya sejumlah program digelar guna mewujudkan hal ini, salah satunya Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid pada saat seremoni pembukaan KSM Tingkat Kota Cirebon Tahun 2024 di aula kantor (28/6/2024). 

"Pada saat ini kemenag gencar berikhtiar meningkatkan kompetensi di bidang pendidikan. Peningkatan kompetensi dilaksanakan dari dua hal, yakni kompetensi gurunya, dna kompetensi siswanya. Beberapa waktu lalu telah digelar AKGTK yang merupakan program mengukur kompetensi bagi guru. Hari ini kita hadiri bersama-sama pembukaan KSM Tahun 2024, yang merupakan bagian dari pengukuran kualitas dan kompetensi siswa di bidang sains," ucapnya. 

Moh. Khuailid menambahkan bahwa KSM merupakan kompetisi yang unik karena memadukan sains dengan Al-Qur'an dan kajian ilmu agama Islam lainnya. Siswa yang mengikuti lomba berkesempatan untuk menelaah soal-soal eksakta sekaligus mengusung semangat Qur'ani. Terlebih sains tidak dapat dipisahkan dari Al-Qur'an. Karena di dalam Al-Qur'an sendiri banyak sekali bahasan-bahasan mengenai sains. 

"Kita ingat kembali di masa lampau. Ketika manusia percaya bahwa matahari, planet, dan benda langit lainnya bergerak mengelilingi bumi, Al-Qur'an justru telah menjelaskan secara gamblang bahwa bumi dan planet lainnya bergerak mengelilingi matahari. Ini membuktikan bahwa sains tidak bisa dipisahkan dari kajian Ilmu Al-Qur'an," ungkapnya. 

Karenanya, Khuailid mendorong para siswa untuk senantiasa mengobarkan semangat Qur'ani untuk mempelajari dan menelaah ilmu sains hingga memberikan dampak positif bagi kemajuan zaman di masa depan.

KSM Tingkat Kota Cirebon dijadwalkan berlangsung selama 3 hari pada 1-3 Juli 2024. KSM dilaksanakan serentak secara nasional, di mana pelaksanaan KSM Tingkat Kota Cirebon dipusatkan di MAN 1 Kota Cirebon. 

Kontributor : Haji Arif Arofah