Kemenag Kota Cirebon Menuju Zona Integritas

SHARE

Jalan Pemuda (INMAS KOTA CIREBON)

Kantor Kemenag Kota Cirebon terpilih menjadi salah satu pilot project bagi program pembangunan zona integritas di Lingkungan Kemenag Provinsi Jawa Barat. Program ini merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik menuju wilayah bebas dari korupsi.

Dalam rangka menyeragamkan pemahaman dan tindakan pelaksanaan reformasi birokrasi di Lingkungan Kantor Kemenag Kota Cirebon, Selasa (23/03) dilaksanakan pendampingan pembangunan zona integrasi menuju WBK (Wilayah bebas dari korupsi)/WBBM (Wilayah  Birokrasi Bersih Melayani) oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama di aula kantor.


Kankamenag  Kota Cirebon, Moh. Ahsan menyebutkan dalam pembukaan bahwa, “Zona integritas ini merupakan predikat yang diberikan oleh pemerintah kepada instansi pemerintah yang mana pimpinan, peserta dan jajarannya berkeininginan mewujudkan WBK dan WBBM.


Adapun target dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan indikator sasaran RB yaitu terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel seta pelayanan publik yang prima.


Hadir selaku pembicara Kepala Biro Ortala, Priyono S.Pd.M.Pd dan Kabag Fasilitas RB Kartika Damayanti S.Kom.


Priyono mengungkapkan bahwa, ”Sikap dan perilaku yang tepat melahirkan integritas dan komitmen untuk memotivasi, mendorong dan memberikan contoh kepada masyarakat luas.”


Sementara itu Kartika Damayanti menjelaskan mengenai enam komponen yang akan dinilai yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manaJemen SDM, Penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kontributor : Haji Arif Arofah &  Riani Kusuma Wardani