Jumpa ASN MIN Kota Cirebon, Kakankemenag Kota Cirebon Sosialisasi Aplikasi Pusaka

SHARE

Kesenden (HUMAS Kota Cirebon) 

Per November 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan aplikasi Pusaka. Aplikasi ini merupakan superapps yang dirilis dengan maksud untuk memberikan semakin banyak kemudahan dalam mengakses informasi Kementerian Agama. Guna memastikan pemanfaatan Pusaka dapat dinikmati oleh semua pihak di Nusantara, tak terkecuali di lingkup Kota Cirebon, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli berperan aktif mensosialisasikan Pusaka kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kota Cirebon. 

Berkenaan dengan hal tersebut, Saefuddin menyambangi MIN Kota Cirebon pada Kamis (9/2/23). Dirinya menyampaikan ihwal pemanfaatan aplikasi Pusaka bagi para guru dan tenaga kependidikan di madrasah yang berlokasi di kawasan pesisir Kesenden tersebut. 

"Aplikasi Pusaka hadir sebagai wujud dari program transformasi digital yang dicanangkan oleh Kementerian Agama. Aplikasi ini memuat segala jenis layanan informasi Kemenag, dari mulai layanan informasi haji, produk halal, dari hingga layanan pendidikan," ucapnya. 

Tak hanya itu. Aplikasi Pusaka memuat berbagai layanan informasi dari berbagai agama di Indonesia. 

Kepala Subbagian Tata Usaha Slamet, yang turut hadir pada sosialisasi, menambahkan bahwa aplikasi Pusaka pun dimanfaatkan u tuk urusan kepegawaian, salah satunya berkenaan dengan sistem presensi yang terintegrasi dengan sistem global positioning system (GPS). Karenanya, Slamet pun membawa serta analis kepegawaian guna memberikan kelas singkat terkait pemanfaatan Pusaka bagi peningkatan kedisplinan pegawai. 

Langkah ini disambut baik oleh Kepala MIN Kota Cirebon Lili Sadeli. Dikatakannya bahwa kehadiran Pusaka dapat memberikan banyak kemudahan dalam pemanfaatan informasi digital. 

"Pusaka ini aplikasi yang baru. Kami sangat semangat untuk dapat segera memahami dan menikmati kemudahannya. Oleh karena itu, kami siap untuk menerima ilmu-ilmu baru agar dapat memaksimalkan pemanfaatan aplikasi di MIN Kota Cirebon," ungkapnya. 

Selain ASN, aplikasi Pusaka pun dapat dimanfaatkan oleh khalayak umum yang membutuhkan berbagai informasi Kementerian Agama. 

Kontributor : Haji Arif Arofah