Jemaah Haji Kota Cirebon Mulai Bergerak Menuju Arafah

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Puncak haji tahun 2024 segera tiba. Jemaah haji Kota Cirebon mulai meninggalkan hotel dan bergerak menuju Arafah pada hari ini (14/6/2024). Ketua Kloter 15 KJT H. Abdul Wasi mengatakan bahwa pemberangkatan jemaah haji Indonesia diberangkatkan secara bergelombang sejak pukul 06.00 pagi WAS, dan jemaah haji Kota Cirebon berkesempatan diberangkatkan pada pukul 13.30 WAS. 

"Alhamdulillah jemaah haji Kota Cirebon diberangkatkan per hari ini pukul 13.30 WAS. Perjalanan berlangsung lancar, dengan waktu tempuh sekitar satu jam," ucapnya. 

Wasi menyebutkan bahwa jemaah haji di dalam kloternya sangat antusias menyongsong puncak haji ini. Terlebih, wukuf di Arofah merupakan salah satu rukun haji yang tak boleh ditinggalkan. 

"Sebanyak 402 jemaah haji dalam kloter kami alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat. Mereka antusias menuju Arafah, apalagi wukuf adalah rukun yang tidak boleh ditinggalkan. Kami mohon doa kepada semuanya agar ibadah yang kami jalankan berjalan lancar," ungkapnya. 

Dilansir dari kemenag.go.id, Kementerian Agama RI memastikan bahwa pelaksanaan wukuf di Arafah berlangsung dengan nyaman. Para petugas akan senantiasa memantau dan melakukan pendampingan kepada jemaah haji Indonesia. 

“Jemaah safari wukuf akan didampingi sejumlah petugas dari unsur Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), pembimbing ibadah, dan petugas layanan lansia dan disabilitas,” kata Widi Dwinanda selaku anggota Media Center Haji dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Dalam hal ini, jemaah haji Kota Cirebon pun akan mendapatkan pemantauan dan pendampingan ibadah dan kesehatan dari delapan orang petugas haji yang membersamai mereka di dalam kloter. 

Kontributor : Haji Arif Arofah