Iduladha di Kota Cirebon, Khotib Sampaikan 4 Pesan Penting

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Ratusan warga Kota Cirebon mengikuti pelaksanaan Salat Iduladha di halaman depan Masjid Attaqwa dan Alun-Alun Kejaksan, Kota Cirebon (16/6/2024). Pada hari penting umat Islam ini, mereka mendengarkan khutbah dari KH. Fathullah Rahman yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kanggraksan sekaligus Khatib Syuriah PCNU Kota Cirebon. Ada 4 pesan yang disampaikan oleh snag kiai pada momen ini. 

"Pesan pertama adalah ketauhidan, di mana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail rela menerima ujian luar biasa terkait kurban atas dasar ketundukan dan ketaatan kepada Allah SWT," ucapnya. 

Adapun pesan kedua berkenaan dengan spiritualitas. Ibadah qurban yang dilaksanakan pada momen Iduladha merupakan bukti akan hal ini, di saat kerelaan seorang Muslim menjadi petunjuk bagi dirinya memiliki kadar spiritualitas berupa keimanan. 

"Pesan ketiga berkenaan dengan nilai sosial betapa pelaksanaan qurban pun memiliki tujuan kemaslahatan bagi umat. Sedangkan keempat memuat pesan moral betapa ibadah qurban memuat ajakan untuk selalu menebarkan kebaikan."

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengungkapkan rasa terima kasih setingginya atas komitmen Pemerintah Kota Cirebon yang senantiasa bersinergi bersama Kemenag Kota Cirebon dalam memajukan masyarakat Kota Cirebon di bidang keagamaan. Dirinya pun mengajak masyarakat Kota Cirebon untuk senantiasa meramaikan Iduladha dengan turut serta menyalurkan hewan qurban. 

"Ibadah qurban memiliki berbagai keutamaan, salah satunya tertutupi dari jilatan api neraka. Tak heran jika Rasulullah SAW menganjurkan sekurang-kurangnya setiap rumah Muslim ada satu orang yang melaksanaian qurban," ucapnya. 

Pada tahun ini, pelaksanaan qurban tingkat Kota Cirebon dipusatkan di Masjid Attaqwa Kota Cirebon. Ada 10 ekor sapi, dan 38 ekor domba yang merupakan hewan qurban dari lembaga pemerintahan dan masyarakat Kota Cirebon. Salah satu dari hewan qurban tersebut merupakan sapi brahman dengan berat 1,2 ton. Terkait partisipasi ini, Pj. Wali Kota Cirebon H. Agus Mulyadi mengucapkan rasa terima kasihnya. 

"Hari ini hari besar memperingati keimanan. Betapa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjalani ujian keimanan yang sangat berat. Ujian ini momen yang langka dalam konteks kekinian. Semoga kita dapat meneladani apa yang dilakukan oleh keduanya tentang pentingnya menjaga keimanan," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah