Gelar Simulasi, MIN Kota Cirebon Siap Hadapi ANBK

SHARE

Kesenden (INMAS Kota Cirebon)

Hari ini (25/8) siswa madrasah ibtidaiyah mengikuti simulasi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK), tak terkecuali 24 siswa kelas 5 MIN Kota Cirebon. Simulasi dimaksudkan agar siswa mampu mengenali fitur-fitur dalam aplikasi dan terbiasa mengoperasikan aplikasi yang digunakan dalam ANBK.

ANBK akan dilaksanakan pada Oktober 2021, bertujuan sebagai pemetaan awal (data baseline) pendidikan di negeri ini. ANBK merekam penilaian terhadap mutu sekolah dan madrasah pada jenjang dasar dan menengah.

Dari pelaksanaan ANBK nantinya diperoleh informasi terkait mutu satuan pendidikan dari  belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Lili Sadeli selaku kepala MIN Kota Cirebon mengungkapkan bahwa madrasah yang dipipimpinnya siap menghadapi ANBK. Dirinya memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para siswa untuk menjajal aplikasi dan tak ragu bertanya apabila ada hal yang tidak dipahami.

“(Kegiatan) ini adalah simulasi menghadapi ANBK. Diharapkan dengan simulasi ini, anak akan lebih paham cara mengerjakan soal-soal ANBK yang baru tahun ini dilaksanakan. Kami harapkan siswa-siswa MIN Kota Cirebon mampu mengerjakan soal-soal ANBK dengan baik dan lancar. Kami berkomitmen untuk turut serta memberikan konstribusi dalam pengembangan pendidikan melalui ANBK,” ungkapnya.
INMAS Kemenag Kota Cirebon sempat berbincang dengan Maulana (9) yang selesai menjalani simulasi. Dirinya tampak senang bisa mengikuti simulasi dan tanggap menjalankan setiap instruksi yang terpampang pada layar komputer.

Begitu pula dengan Robi (9). Dirinya tak sungkan untuk bertanya hal-hal yang tak dimengertinya, untuk kemudian melahap setiap soal simulasi dengan tenang.

Selain MIN Kota Cirebon, ANBK juga diikuti oleh para siswa sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah lain di seantero Indonesia. Sejumlah madrasah ibtidaiyah di Kota Cirebon pun turut menyelenggarakan simulasi ini secara mandiri ataupun secara gabungan. Pelaksanaan ANBK memanfaatkan jaringan internet dan perlengkapan komputer.

Kontributor : Haji Arif Arofah