41 Tahun Berkhidmat, MIS As-Shofiyah Bangun Ikatan Kuat dengan Alumni

SHARE

Kalijaga (HUMAS Kota Cirebon) 

MI As-Shofiyah merupakan madrasah ibtidaiyah (MI) di lingkungan Kota Cirebon yang bergerak di bidang pendidikan madrasah sejak 1981. Pada tahun ini, MI yang berlokasi di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota  Cirebon telah berusia 41 tahun. 

"Alhamdulillah di usia ke-41 ini kami berkomitmen untuk terus menjawab kepercayaan orangtua yang menitipkan pendidikan anak-anaknya di sini," ucap Kepala MI As-Shofiyah Zaenuddin pada momen penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) yang berlangsung di madrasah tingkat dasar tersebut (22/11). 

Per Juli 2022, sebanyak 464 siswa menuntut ilmu di sini, yang terbagi ke dalam 18 rombel. Mereka tidak hanya berasal dari Kelurahan Kalijaga, melainkan pula berasal dari kelurahan bahkan kecamatan lainnya. Ini menunjukkan besarnya tingkat kepercayaan warga Kota Cirebon menitipkan anaknya belajar di sini.

Zaenuddin menyebut bahwa salah satu faktornya berasal dari ikatan kuat yang terbangun antara almamater dengan alumni. Tak sedikit alumni yang memutuskan untuk menitipkan anaknya di sini kendati jarak yang ditempuh tidak begitu dekat. 

"Banyak alumni yang menyekolahkan anaknya di sini lantaran kedekatan hubungan emosional yang tetap terjalin dengan As-Shofiyah," ucapnya. 

Hal ini disambut positif oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli. Sirinya memberi dukungan moril agar para guru di MI As-Shofiyah tak pernah putus semangatnya dalam memberikan ilmu kepada peserta didik. 

"Anak-anak ini, kita bagikan ilmu hari ini. Pada saatnya nanti, mereka akan menjadi dewasa, dan memiliki bermacam profesi. Sebagian mungkin akan menjadi seperti kita sebagai tenaga pendidik, sebagian lainnya mungkin akan menjadi dokter, gubernur, bahkan presiden. Apa pun yang kita ajarkan sekarang akan terbawa saat dewasa nanti. Di sini diajarkan ilmu, pendidikan karakter, adab, maka insyaallah saat dewasa akan terbawa di alam sadarnya," ucapnya, diaminkan oleh hadirin. 

Kontributor : Haji Arif Arofah