255 Siswa MAN 2 Kota Cirebon Jalani AKMI

SHARE

Majasem (HUMAS Kota Cirebon)

Sebanyak 255 siswa MAN 2 Kota Cirebon menjalani Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2022 (22/9). Ke-255 siswa tersebut seluruhnya berasal dari kelas 11 madrasah di kawasan Majasem tersebut.
AKMI merupakan program asesmen yang bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa madrasah pada aspek literasi membaca, numerasi, sains, dan literasi sosial budaya. Hasil AKMI nantinya dijadikan data diagnostik untuk tindaklanjut perbaikan mutu pembelajaran di madrasah.

Dalam hal ini, MAN 2 Kota Cirebon menjadi salah satu piloting atau madrasah percontohan bagi pengumpulan data AKMI dengan lokus Kota Cirebon.

AKMI  dilaksanakan di lingkungan madrasah selama empat hari, yakni pada 19-22 September 2022. Guna memastikan kelancaran kegiatan, pelaksanaan AKMI dibagi menjadi 2 periode. Periode pertama dilaksanakan selama dua hari, di mana pada tiap-tiap hari terdapat dua sesi asesmen yang digelar, yaitu sesi 1 pukul 07.00-10.00 WIB, dan sesi 2  pukul 10.45-14.45 WIB. Periode kedua dilaksanakan pada hari ketiga dan keempat dengan pembagian dua sesi pula pada tiap-tiap hari.

Pelaksanaan AKMI dipantau langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Ahsan, yang hadir bersama Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet, dan Kepala Seksi Penmad H. Jajang Badruzzaman.

Moh. Ahsan mengungkapkan apresiasinya kepada para siswa Kelas 11 MAN 2 Kota Cirebon atas kesungguhan dalam menjalani sesi demi sesi AKMI ini.

Dirinya berharap hasil dari kerja keras para siswa ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan madrasah di negeri ini melalui AKMI.

Kontributor : Haji Arif Arofah